Ini Link Live Streaming Pendaratan Rover NASA di Mars
Jakarta - Dalam hitungan jam ke depan, rover Perseverance akan mendarat Planet Mars. Kalian yang ingin menyaksikan momen bersejarah tersebut, ini ada link live streaming pendaratan rover Perseverance.Diketahui, pada Kamis (18/2) waktu setempat atau Jumat (19/2) dini hari nanti. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pun menyediakan link live streaming bagi para pencinta astronomi.NASA mengatakan bahwa […]
Jakarta -

Dalam hitungan jam ke depan, rover Perseverance akan mendarat Planet Mars. Kalian yang ingin menyaksikan momen bersejarah tersebut, ini ada link live streaming pendaratan rover Perseverance.

Diketahui, pada Kamis (18/2) waktu setempat atau Jumat (19/2) dini hari nanti. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pun menyediakan link live streaming bagi para pencinta astronomi.

NASA mengatakan bahwa live streaming akan dibuka sejak pukul 02.15 WIB. Rover Perseverance diperkirakan akan mendarat di Jezero Creator, Mars.

Berikut beberapa link streaming pendaratan rover Perseverance yang disediakan NASA, seperti dikutip dari Mashable:

- Channel NASA TV
- Nasa.gov
- Aplikasi NASA
- YouTube, Twitter, Facebook, LinkedIn, Twitch, Daily Motion, dan THETA.TV

Sebelum mendarat di Mars, rover Perseverance akan menhadapi tugas berat agar dapat selamat sampai di permukaan Planet Merah.

Rintangan yang akan menghadang, yaitu apa yang dikenal sebagai teror 7 menit. Seperti apa memangnya? Pertama-tama, sinyal radio dari Bumi ke Mars dan sebaliknya butuh waktu sekitar 10 menit.

Artinya, Perseverance harus bermanuver sendirian menuju Mars. Ia akan memasuki atmosfer Mars dengan kecepatan sekitar 19 ribu kilometer per jam dan harus bisa berhenti total 7 menit kemudian agar dapat mendarat dengan aman.

"Tidak ada garansi bahwa kami akan sukses," kata Thomas Zurbuchen, Associate Administrator NASA.

Proses pendaraan dimulai setelah kapsul kargo yang membawa Perseverance akan terpisah dan memasuki atmosfer, menerjang suhu sekitar 1.300 derajat Celcius. Parasut akan dikembangkan saat berada di ketinggian 11 kilometer atau 4 menit sesudah proses pendaratan.

Di dalam rover Perseverance disertakan pula helikopter mini bernama Ingenuity yang akan menjadi wahana terbang pertama di luar Bumi. Ia dapat terbang sampai setinggi 30 kilometer dan mengumpulkan beragam data penelitian.

Perseverance sendiri menggunakan nuklir sebagai bahan bakar utamanya sehingga rover ini tidak perlu mengandalkan sinar Matahari untuk mengisi baterainya.

Simak Video "Setelah Uni Emirat Arab, Wahana China Ikutan Tiba di Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)


Source by [author_name] news.google.com https://akcdn.detik.net.id/api/wm/2021/02/15/perseverance_169.jpeg?wid=54&w=650&v=1&t=jpeg 2021-02-18 21:11:51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *