Penelitian Ini Menunjukkan Bagaimana Cara Mammoth Punah
INDOZONE.ID - Ribuan tahun lalu, Bumi dihuni oleh banyak hewan purba yang berukuran sangat bersar. Kehidupan hewan purba yang sudah punah menyimpan berbagai macam cerita dibaliknya. Salah satunya adalah Mammoth berbulu.  Mammoth berbulu sendiri menjadi salah satu mamalia besar yang hidup di Bumi pada jaman itu. Hewan purba ini sudah lama dikabarkan punah, tetapi cerita […]

INDOZONE.ID - Ribuan tahun lalu, Bumi dihuni oleh banyak hewan purba yang berukuran sangat bersar. Kehidupan hewan purba yang sudah punah menyimpan berbagai macam cerita dibaliknya. Salah satunya adalah Mammoth berbulu. 

Mammoth berbulu sendiri menjadi salah satu mamalia besar yang hidup di Bumi pada jaman itu. Hewan purba ini sudah lama dikabarkan punah, tetapi cerita mengenai kepunahan hewan ini masih banyak yang perlu diteliti lebih lanjut. Salah satu penelitian yang membahas mengenai kepunahan mammoth adalah gabungan tim ilmuwan internasional dari Universitas of Helsinki and Tubingeh serta The Russian Academy of Sciences. Pada penelitian yang dilakukan tim gabungan ini, mereka pun mencoba merekonstruksi skenario kepunahan mammoth. 

Mammoth berbulu sendiri punah sekitar 4.000 tahun lalu, diungkapkan dari hasil penelitian yang dilakukan tim gabungan itu. Analisis yang dilakukan didasarkan pada tentang gigi dan tulang dari fosil yang ditemukan. Menurut penelitian itu, mammoth berbulu terakhir hidup di pulau Wrangler di Samudra Arktik. 

Selama zaman es terakhir, 100.000 hingga 150.000 tahun lalu merupakan awal kehidupan mammoth berbulu. Mammoth tersebar luas di belahan Bumi utara Spanyol hingga Alaska. Kemudian akibat adanya perburuan di masa itu dan juga perubahan iklim yang drastis membuat mammoth punah secara perlahan. 

Dalam hasil penelitian yang dituliskan dalam Quaternaty Science Reviews, tim meneliti beberapa kandungan dalam tulang dan gigi yaitu isotope karbon, nitrogen, belerang dan strontium. Peneliti memakai sampel mammoth berbulu dari dataran Rusia dan Ukraiana, serta Pulau St. Paul. Hasilnya, terdapat perubahan isotop yang drastis. Ini menunjukkan adanya perubahan pola makan dan lingkungan dari mammoth.

Sebaliknya, peneliti juga ambil sampel yang berasal dari populasi Pulau Wrangler. Hasil yang ditunjukkan adalah tidak adanya perubahan yang memengaruhi kehidupan dari mammoth. Isotop karbon dari mammoth di Wrangler berbeda dengan isotop nenek moyang di Siberia. Temuan ini buat peneliti percaya bahwqa penggabungan habitat terisolasi, peristiwa cuaca esktrem, dan penyebaran manusia prasejarah dalam kepunahan mammoth.

Artikel Menarik Lainnya:


Source by [author_name] news.google.com https://d2ih5qgee2kfcl.cloudfront.net/content/2021/02/22/pQsVa4M/penelitian-ini-menunjukkan-bagaimana-cara-mammoth-punah84_700_wmark.jpg 2021-02-22 16:05:55

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *