Tips Atas Bibir Kering dan Pecah-pecah
JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Bibir pecah-pecah adalah kondisi yang dapat sangat menganggu karena menimbulkan rasa sakit saat berbicara dan tersenyum. Selain itu, bibir kering dan tertarik dapat membuat bibir menjadi berdarah karena kulit terkelupas. Selain menimbulkan rasa sakit, bibir pecah-pecah juga menganggu penampilan. Seseorang yang mengalami bibir pecah-pecah biasanya akan terlihat lebih pucat dari biasanya. Bibir pecah-pecah […]

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Bibir pecah-pecah adalah kondisi yang dapat sangat menganggu karena menimbulkan rasa sakit saat berbicara dan tersenyum. Selain itu, bibir kering dan tertarik dapat membuat bibir menjadi berdarah karena kulit terkelupas.

Selain menimbulkan rasa sakit, bibir pecah-pecah juga menganggu penampilan. Seseorang yang mengalami bibir pecah-pecah biasanya akan terlihat lebih pucat dari biasanya.

Bibir pecah-pecah biasanya terjadi karena cuaca yang ada atau kebiasaan menjilat bibir. Selain hal itu, bibir pecah-pecah juga bisa sebabkan oleh produk yang digunakan serta paparan sinar matahari.

Seseorang yang mengalami bibir pecah-pecah dapat melakukan berbagai hal untuk membuatnya tetap lembap.

1. Gunakan pelembap bibir yang baik

Salah satu penyebap bibir pecah-pecah yaitu produk yang digunakan. Untuk itu, gunakanlah produk atau pelembap bibir yang baik. Biasanya, bahan untuk pelembap bibir yaitu mentol dan kamper.

Namun, beberapa pelembap bibir mengandung mint yang dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk itu, perhatikan produk yang digunakan baik-baik.

2. Coba pengobatan bibir alami

Untuk mengobatai bibir pecah-pecah dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami, di antaranya

- Lidah buaya, gel pada lidah buaya mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan antiperadangan yang baik untuk merehidrasi kulit rusak.

- Minyak kelapa mampu melawan peradangan dan bersifat emolien yang berarti dapat menenangkan dan melembutkan kulit.

- Madu, penggunaan madu dipercaya dapat melembapkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Madu juga mengandung antioksidan dan sifat antibakteri, yang membantu mencegah infeksi berkembang di bibir yang sangat kering atau pecah-pecah.

- Mentimun, mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk memperbaiki penampilan bibir.

- Teh hijau kaya akan antioksidan dan mineral. Selain itu, teh hijau juga mengandung polifenol, yang mengurangi peradangan.

3. Minum air

Salah satu penyebab bibir pecah-pecah yaitu karena dehidrasi. Untuk itu, dengan minum air putih akan membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik sehingga terhindar dari bibir pecah-pecah. Seseorang yang mengalami dehidrasi biasanya menunjukkan gejala-gejala seperti:

- Merasa haus

- Mulut kering

- Sakit kepala

- Pusing

4. Gunakan humidifier

Humidifier sangat berguna untuk menjaga kelembapan udara di sekitar. Hal ini juga berpengaruh terhadap kelembapan udara di kulit. Dengan kulit yang lembap, akan membuat seseorang terhindari dari bibr pecah-pecah.

5. Hindari merokok

Merokok memberikan dampak negatif yang banyak pada tubuh. Asap rokok dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir. Hal ini yang menyebabkan bibir seseorang mudah kering dan pecah-pecah.

Selain itu merokok juga dapat menyebabkan masalah lain di mulut, seperti sariawan dan nyeri gusi. Oleh karena itu, menghindari rokok sangat membantu agar bibir tidak kering dan pecah-pecah. 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

|0|https://ayobandung.com/read/2021/02/26/193722/tips-atas-bibir-kering-dan-pecah-pecah|1|https://cdn.ayobandung.com/upload/bank_image/medium/Benarkah_Bibir_Kering_dan_Pecah-Pecah_Jadi_Tanda_Infeksi_Covid-191.jpg|2|ayobandung.com|E|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *