Begini Cara Stres Pengaruhi Kesehatan
Stres kronis dapat mengganggu kemampuan seseorang dalam menjalani aktivitas. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberadaan stres sebenarnya dapat menjadi dorongan yang positif di dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk memberikan motivasi dalam melakukan sesuatu. Namun, stres yang berlebih atau tak terkelola dengan baik dapat menjadi bumerang dan memberikan dampak negatif. Stres yang tak terkelola bisa berlangsung dalam jangka panjang […]

Stres kronis dapat mengganggu kemampuan seseorang dalam menjalani aktivitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberadaan stres sebenarnya dapat menjadi dorongan yang positif di dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk memberikan motivasi dalam melakukan sesuatu. Namun, stres yang berlebih atau tak terkelola dengan baik dapat menjadi bumerang dan memberikan dampak negatif.

Stres yang tak terkelola bisa berlangsung dalam jangka panjang dan dikenal sebagai stres kronis. Stres kronis dapat mengganggu kemampuan seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Semakin lama stres ini berlangsung, semakin buruk pula dampaknya bagi kesehatan tubuh dan mental. Sebagian dampak di antarnaya adalah perasaan kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, serta mudah marah tanpa alasan yang jelas.

Seperti dilansir American Psychological Association, Selasa (9/3), stres kronis juga dapat memicu seseorang untuk menerapkan kebiasaan yang buruk sebagai cara coping terhadap stres yang dirasakan. Misalnya dengan merokok atau makan berlebih.

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang didorong oleh stres tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung koroner. Dampak dari stres kronis seeprti depresi dan tingkat dukungan sosial yang rendah juga dapat berimplikasi pada peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Ketika seseorang menjadi sakit karena situasi tersebut, stres akan menjadi semakin sulit untuk dipulihkan. Beberapa studi menunjukkan bahwa pasien penyakit jantung dengan kepribadian tipe D memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kondisi yang buruk.

Huruf "D" pada kepribadian tipe D merupakan singkatan untuk "distressed" atau tertekan. Menurut Healthline, orang denagn kepribadian tipe D memiliki kecenderungan mengalami tigkat tekanan emosional yang tinggi sambil menekan perasaan mereka di saat yang bersamaan.

Oleh karena itu, menurunkan dan mengelola stres penting untuk dilakukan demi kesehatan mental dan juga fisik. Menurunkan kadar stres tak hanya dapat membuat perasaan menjadi lebih baik, tetapi mungkin juga dapat melindungi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan dan mengelola stres. Berikut ini adalah lima di antaranya.

 

|0|https://www.republika.co.id/berita/qppkx7463/begini-cara-stres-pengaruhi-kesehatan|1|https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/stres_210217100738-341.jpg|2|www.republika.co.id|E|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *