Ini 10 Manfaat Work From Home Selama Pandemi Covid-19 (Bagian 1)
Naviri Magazine - Gara-gara wabah virus Corona atau Covid-19, banyak perusahaan merumahkan para karyawannya, agar bekerja dari rumah. Ini tentu bukan berarti bisa enak-enakan bersantai dan liburan, tapi mengerjakan tugas dari kantor melalui rumah. Istilahnya adalah work from home atau WFH. Tidak selalu negatif, justru ada banyak manfaat positif yang bisa diperoleh dengan melakukan pekerjaan di […]

Naviri Magazine - Gara-gara wabah virus Corona atau Covid-19, banyak perusahaan merumahkan para karyawannya, agar bekerja dari rumah. Ini tentu bukan berarti bisa enak-enakan bersantai dan liburan, tapi mengerjakan tugas dari kantor melalui rumah. Istilahnya adalah work from home atau WFH. 

Tidak selalu negatif, justru ada banyak manfaat positif yang bisa diperoleh dengan melakukan pekerjaan di rumah. Apa saja? 

Lebih Aman dari Virus Covid-19

Pemerintah melakukan segala upaya untuk bisa mencegah penyebaran virus Covid-19 atau Corona ini semakin meluas. Apabila semakin meluas dan penderita Corona semakin banyak, akan menyulitkan tenaga kesehatan untuk mengatasinya. Ini karena tenaga medis terbatas dan mereka juga manusia. Bisa merasa lelah dan rentan tertular.

Beruntung pemerintah menghimbau untuk menjalankan WFH atau work from home. Dengan melakukan work from home, para pekerja tidak perlu keluar dari rumah dan bisa melakukan aktivitas di rumah. Ini bisa sangat membantu untuk menurunkan resiko terserang virus Corona. 

Ini pun bisa tercapai kalau saja orang bisa mengikuti anjuran tersebut. Bekerja di rumah bukan berarti bisa jalan-jalan ke tempat umum yang bisa mengakibatkan terjangkit virus Corona.

Tidak Diganggu Rekan Kerja

Bekerja di kantor memang menyenangkan kalau didukung dengan sarana yang nyaman dan partner kerja yang pas. Berbicara soal partner kerja, tidak 100% kita akan mendapatkan partner kerja yang sepemikiran dengan kita. Mungkin ada satu atau lebih partner kerja kita justru tidak kompeten dan cenderung mengganggu.

Beruntung dengan bekerja di rumah, kita bisa menghindar dari partner kerja yang menyebalkan seperti ini. Dengan menjauhi toxic relationship dengan rekan kerja seperti ini, kita bisa melakukan pekerjaan kita lebih tenang dan tidak stres. Mungkin saja performa kerja kalian yang kacau selama ini bisa diperbaiki ketika work from home.

Pakaian Bebas

Namanya karyawan pastinya harus mengikuti peraturan yang ada di tempat kerja. Peraturan suatu perusahaan mungkin ada banyak dan bermacam-macam. Salah satu peraturan yang pasti dimiliki oleh setiap kantor adalah mengenai pakaian. Ada jenis pakaian tertentu yang harus digunakan selama ke kantor. Belum lagi ditambah bila di hari tertentu harus mengenakan batik atau pakaian lain.

Sangat merepotkan memang apabila membahas soal pakaian. Tapi peraturan tetaplah peraturan, harus ditaati. Bagi kalian orang yang sangat casual, tentu memakai pakaian formal ke kantor adalah hal yang merepotkan. Dengan penerapan WFH ini, kita bisa bebas mengenakan pakaian yang kita mau. Lagipula kita berada di rumah, siapa juga yang mau mengomentari gaya berpakaian kita.

Hemat Biaya

Beruntung bagi mereka karyawan yang memiliki jarak tempat tinggal dan kantornya sangat dekat. Memungkinkan mereka ke kantor dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Bagi mereka yang tempat tinggalnya jauh, harus menggunakan transportasi untuk bisa ke kantor. Mau itu tranportasi pribadi atau umum, kedua-duanya butuh biaya.

Bekerja di rumah bisa membuat pengeluaran kita sedikit berkurang. Kita tak perlu mengeluarkan ongkos ke kantor dengan bekerja di rumah. Biaya untuk transportasi bisa dialihkan ke hal lain yang lebih penting. Seperti kondisi mengkhawatirkan seperti sekarang, kita bisa gunakan biaya ongkos tersebut untuk membeli masker, sabun, disinfektan, dan hand sanitizer.

Meja Kerja Bisa Diatur Sesuka Hati

Terkadang, bekerja di kantor yang dimana atasan bisa pergi berkeliling mengawasi karyawannya akan sangat menyebalkan. Apalagi kalau atasan tersebut sangat ketat soal kerapihan. Melihat meja kerja berantakan sedikit saja, bisa diberi peringatan. Padahal bagi kita, meja kerja tersebut tidaklah terlihat berantakan.

Lagi pula sangat wajar apabila meja kerja berantakan. Mungkin saja si karyawan meletakkan barang-barang yang bisa membuat suasana meja kerja jadi lebih nyaman menurut dia. Suasana meja kerja yang nyaman jelas akan menjadi booster untuk performa kerjanya. Dengan bekerja di rumah, kalian bisa mengcustom meja kerja kalian sesuai yang kalian mau. Yang penting bisa membuat kalian nyaman dan pekerjaan selesai.

Baca lanjutannya: Ini 10 Manfaat Work From Home Selama Pandemi Covid-19 (Bagian 2)

|0|https://www.naviri.org/2021/03/ini-10-manfaat-work-from-home-selama.html|1|https://1.bp.blogspot.com/-nlgO7padmpw/YGC_cHYLanI/AAAAAAABkRM/yVKqlxgk-tcKybXEuxR5zMKn5lnIHAxrwCLcBGAsYHQ/w1200-h630-p-k-no-nu/Work%2BFrom%2BHome%2B%2B1.jpg|2|www.naviri.org|E|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *