KKP Ungkap Potensi Sektor Kelautan dan Perikanan RI Capai USD 170 Miliar
Nelayan lelang hasil tangkapan ikan Foto: Antara/AmpelsaKekayaan sumber daya kelautan dan perikanan tidak usah diragukan lagi. Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sjarief Widjaja, mengungkapkan potensi sektor tersebut mencapai USD 170 miliar."FAO pada 2020 melaporkan potensi sektor kelautan dan perikanan Indonesia diperkirakan mencapai USD 120 sampai […]

Nelayan lelang hasil tangkapan ikan Foto: Antara/Ampelsa

Kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan tidak usah diragukan lagi. Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sjarief Widjaja, mengungkapkan potensi sektor tersebut mencapai USD 170 miliar.

"FAO pada 2020 melaporkan potensi sektor kelautan dan perikanan Indonesia diperkirakan mencapai USD 120 sampai USD 170 miliar," kata Sjarief saat membacakan sambutan Menteri KP Trenggono secara virtual, Selasa (30/3).

Sjarief mengungkapkan potensi tersebut menempatkan Indonesia di urutan ketiga ekonomi perikanan secara global. Indonesia masih berada di bawah China dan Peru.

Selain itu, Sjarief menjelaskan pada tahun 2019 Indonesia juga memiliki potensi ekosistem mangrove terbesar yang menyimpan 3,14 juta karbon dengan nilai mencapai USD 47,1 juta. Letak geografis Indonesia juga mendukung kekayaan tersebut.

Ilustrasi keindahan alam bawah laut Bunaken Foto: Shutter Stock

"Posisi geografis Indonesia menjadi salah satu jalur pelayaran yang tersibuk di dunia dengan puluhan hingga ratusan ribu kapal melintasi alur laut kepulauan Indonesia per tahun," ujar Sjarief.

Sjarief merasa investasi untuk infrastruktur maritim yang berkelanjutan dan ramah lingkungan harus dilakukan di jalur pelayaran tersebut. Sehingga bisa menghasilkan manfaat ekonomi yang besar, di samping pendapatan dari sektor pariwisata dan energi laut.

"Kehidupan kita yang sangat terkait dengan lautan menuntut kita untuk menjadikan laut sehat dan produktif sebagai investasi cerdas yang akan memberi manfaat sosial, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan," tutur Sjarief.

|0|https://kumparan.com/kumparanbisnis/kkp-ungkap-potensi-sektor-kelautan-dan-perikanan-ri-capai-usd-170-miliar-1vSEu23ASxT|1|https://blue.kumparan.com/image/upload/w_600,h_315,c_fill,ar_40:21,f_jpg,q_auto/l_og_cawgt4,g_south/l_text:Heebo_20_bold:Konten%20ini%20diproduksi%20oleh:%0DkumparanBISNIS,g_south_west,x_126,y_26,co_rgb:ffffff/xa5vggclu5cm06jmybny.jpg|2|kumparan.com|E|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *