Pemerintah Resmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Kalimantan Tengah
Merdeka.com - Kementerian Perhubungan meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Barito Utara, Kalimantan Tengah. Selain itu peresmian tersebut juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Pembangunan bandara ini menelan biaya kurang lebih Rp 380 miliar. "Kami laporkan bahwa bandara ini dikembangkan beberapa tahun dengan biaya kurang lebih Rp 380 miliar diharapkan bisa mendukung perekonomian yang […]

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Barito Utara, Kalimantan Tengah. Selain itu peresmian tersebut juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Pembangunan bandara ini menelan biaya kurang lebih Rp 380 miliar.

"Kami laporkan bahwa bandara ini dikembangkan beberapa tahun dengan biaya kurang lebih Rp 380 miliar diharapkan bisa mendukung perekonomian yang ada di seluruh Kalimantan khususnya Muara Teweh," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam peresmian Bandara Haji Muhammad Sidik, di kanal Youtube Kementerian Perhubungan, Selasa (30/3).

Menurutnya, karena bandara ini juga melingkupi beberapa kabupaten yang berdekatan, sehingga diyakini bisa meningkatkan konektivitas bagi daerah yang berdekatan seperti ke Kalimantan Barat, bahkan ke Jawa Timur. "Harapan juga bisa ke Jakarta dan kita yakin bahwa ini bagian dari konektivitas untuk bisa lebih maksimal," katanya.

Bandara Haji Muhammad Sidiq dengan panjang runway sepanjang 1.400 meter x 30 meter ini, diharapkan bisa menampung lebih dari 50.000 orang setahun. Jika bandar aini terus berkembang, maka Pemerintah akan terus memperhatikan pembangunan-pembangunan runway dan pembangunan-pembangunan yang lain sebagai penunjang fasilitas.

"Kita memang dengan arahan bapak presiden dan Wapres selalu memperhatikan komitmen Pemerintah untuk selalu melakukan pemerataan pembangunan ke seluruh daerah, termasuk semua provinsi, Kalimantan Tengah memang salah satu daerah yang kita perhatikan," ujarnya.

Dengan menerapkan konsep membuka perekonomian dan membangun wilayah di 3T tertinggal, terpencil, dan terluar ini menjadi suatu konsen dari Pemerintah. Oleh karena itu, Menhub berharap dengan diresmikannya Bandara Haji Muhammad Sidik ini bisa mendukung dan menggeliatkan perekonomian di Kalimantan khususnya di Kalimantan Tengah.

"Saya yakin bahwa adanya bandara ini maka daerah yang tadinya belum maksimal akan lebih maksimal. Seperti dilihat banyaknya kelapa sawit dan banyaknya potensi alam ini tentunya akan memberikan suatu dukungan," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

|0|https://www.merdeka.com/uang/pemerintah-resmikan-bandara-haji-muhammad-sidik-di-kalimantan-tengah.html|1|https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2021/03/30/1290561/540x270/pemerintah-resmikan-bandara-haji-muhammad-sidik-di-kalimantan-tengah.jpg|2|www.merdeka.com|E|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *