Benarkah Melahirkan di Atas Usia 30 Tahun Meningkatkan Risiko Kanker Payudara?
Ilustrasi wanita mengenakan bra. (Pixabay/Foundry Co) HerStory, Jakarta — Salah satu penyakit yang rentan menyerang kesehatan wanita adalah kanker payudara. Ya, kanker payudara jadi salah satu penyakit ganas yang bisa mengancam nyawa. Mungkin sudah beredar kabar bahwa wanita yang sudah melewati masa melahirkan dan menyusui bisa terhindar dari risiko kanker payudara. Namun, masih banyak yang […]

Ilustrasi wanita mengenakan bra. (Pixabay/Foundry Co)

HerStory, Jakarta —

Salah satu penyakit yang rentan menyerang kesehatan wanita adalah kanker payudara. Ya, kanker payudara jadi salah satu penyakit ganas yang bisa mengancam nyawa.

Mungkin sudah beredar kabar bahwa wanita yang sudah melewati masa melahirkan dan menyusui bisa terhindar dari risiko kanker payudara. Namun, masih banyak yang belum tahu bahwa hamil di usia lebihd ari 30 tahu justru bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita lho.

Melansir laman breastcancer (31/3/2021) Ann Partridge, MD, MPH, ahli onkologi medis di Dana-Farber Cancer Institute, di Boston menjelaskan bahwa hal ini disebabkan lonjakan hormon yang muncul saat kehamilan. Saat lonjakan hormon terjadi bisa mengaktifkan sel-sel payudara yang tak normal.

Ketika sel-sel payudara dibuat pada masa pertumbuh, sel-sel itu masih belum matang. Ketika hamil, sel-sel tersebut pun sangat sehingga berisiko meningkatkan penyakit kanker payudara.

Ketika seorang wanita hamil pertama kali di usia lebih dari 30 tahun, risiko kanker payudaranya meningkat karena dia terpapar lebih banyak estrogen selama hidupnya. Sel payudaranya juga membutuhkan waktu lebih lama untuk matang sepenuhnya.

Untuk studi ini, para peneliti menggunakan informasi dari 15 studi sebelumnya yang melibatkan 889.944 wanita yang lebih muda dari 55 tahun. Saat studi dimulai, tak ada wanita yang didiagnosis dengan kanker payudara. Selama penelitian, 18.826 wanita (2%) didiagnosis menderita kanker payudara.

Baca Juga: Tampil Cantik Selama Hamil, Ini Jenis Dress yang Bisa Kamu Gunakan

Meski begitu, Dr. Weiss menjelaskan bahwa kondisi ini tak dialami oleh semua wanita sehingga tak perlu khawatir apabila hamil di usia 30 tahun ke atas. Faktor lain mungkin lebih penting daripada riwayat kehamilan saat menentukan risiko kanker payudara secara keseluruhan. Riwayat kanker payudara dalam keluarga atau mutasi genetik yang diketahui terkait dengan kanker payudara mungkin merupakan faktor yang lebih kuat dalam profil risiko.

|0|https://herstory.co.id/read16190/benarkah-melahirkan-di-atas-usia-30-tahun-meningkatkan-risiko-kanker-payudara|1|https://herstory.co.id/data/images/articles/archive_20200629/bra-20200629-093726-thumb.jpg|2|herstory.co.id|E|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *