Caci Maki Tidak Meringankan, Mending Siapkan Alat Bukti dan Fakta Hukum – FAJAR
FAJAR.CO.ID, JAKARTA– CEO Cyber Indonesia, Muannas Alaidid menyarankan agar Habib Rizieq Shihab lebih menjaga omongannya di persidangan. Pasalnya, cacian dan umpatan yang dialamatkan ke jaksa tidak akan membantu membebaskan terdakwa dari kasus yang menjeratnya. “Yang membebaskan terdakwa dari tuntutan yang ditujukan padanya itu bukan seberapa keras cacian dan umpatan yang keluar dari mulutnya, tetapi alat […]

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– CEO Cyber Indonesia, Muannas Alaidid menyarankan agar Habib Rizieq Shihab lebih menjaga omongannya di persidangan.

Pasalnya, cacian dan umpatan yang dialamatkan ke jaksa tidak akan membantu membebaskan terdakwa dari kasus yang menjeratnya.

“Yang membebaskan terdakwa dari tuntutan yang ditujukan padanya itu bukan seberapa keras cacian dan umpatan yang keluar dari mulutnya, tetapi alat bukti yang ada dan fakta hukum yang muncul nanti dipersidangan,” kata Muannas saat dihubungi Pojoksatu.id, Rabu (31/3/2021).

Sebaiknya, kata Muannas yang juga berprofesi sebagai pengacara ini, Habib Rizieq fokus mempersiapkan bukti-bukti dirinya tak bersalah dalam kasus prokes terebut.

Bukan malah menghina jaksa di persidangan yang nantinya bisa berefek terhadap putusan hukum terhadap terdakwa.

“Sebaiknya fokus disitu (di persidangan) jangan sampai contempt of court (penghinaan terhadap persidangan) yang diduga terjadi dalam persidangan lalu kembali terulang,” sindirnya.

Seperti diketahui, pada sidang pembacaan eksepsi 26 Maret lalu, Rizieq Shihab menyebut jaksa sebagai dungu dan pandir karena permasalahan surat keterangan terdaftar (SKT) organisasi kemasyarakatan.

Menurut Rizieq dalam eksepsinya, SKT bukan kewajiban. Tapi, organisasi boleh mendaftar dengan sukarela sehingga ormas yang tidak mendaftar sekali pun tetap sah sebagai sebuah organisasi, dan boleh melakukan kegiatannya selama belum dibubarkan pemerintah.

“Di sini jelas, JPU sangat dungu dan pandir, soal SKT saja tidak paham, lalu dengan kedunguan dan kepandirannya mencoba sebar hoax dan fitnah,” ucap Rizieq Shihab.(pojoksatu/fajar)

|0|https://fajar.co.id/2021/03/31/saran-muannas-ke-rizieq-shihab-caci-maki-tidak-meringankan-mending-siapkan-alat-bukti-dan-fakta-hukum/|1|https://fajar.co.id/wp-content/uploads/2020/12/IMG_20201120_175204.jpg|2|fajar.co.id|E|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *