Pandemi Sudah Setahun, Ternyata Begini Kebiasaan Cuci Tangan di Indonesia | KlikPositif.com
Home News Nasional KlikPositif.com - Rabu, 31 Maret 2021 15:46 WIB ilustrasi (Net) KLIKPOSITIF - Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.Mirisnya data Badan Pusat Statistik ( BPS ) mencatat kepatuhan masyarakat untuk cuci tangan pakai sabun hanya 75,38 persen dari total 90.967 responden.baca juga: Pemerintah Tolak Demokrat Kubu […]
Home News Nasional

KlikPositif.com - Rabu, 31 Maret 2021 15:46 WIB

ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Mirisnya data Badan Pusat Statistik ( BPS ) mencatat kepatuhan masyarakat untuk cuci tangan pakai sabun hanya 75,38 persen dari total 90.967 responden.

baca juga: Pemerintah Tolak Demokrat Kubu Moeldoko, Ini Respon AHY

Padahal menurut Direktur Kesehatan Lingkungan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) drg. R. Vensya Sitohang M. Epid, meskipun terlihat sepele cuci tangan pakai sabun dampaknya sangat besar untuk kesehatan .

Hal senada juga diamini Direktur Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

baca juga: Pemerintah Tolak Sahkan Partai Demokrat Kubu Moeldoko, Menteri Yasonna: Silahkan Gugat ke Pengadilan

Direktur Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam peluncuran tersebut Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd yang mengatakan cuci tangan adalah perilaku saling menjaga satu sama lain.

"Saatnya kita ubah paradigma. Cuci tangan tidak hanya mencuci tangan tapi sebagai tanggung jawab untuk menjaga aku, kamu, dan kita dari penyebaran kuman. Mari wujudkan perilaku hidup bersih sehat," ujar Sri dalam keterangannya, Rabu (31/3/2021).

baca juga: PSS Sleman Kembali Rotasi Pemain di Laga Ketiga Kontra Persik Kediri

Untuk merangsang dan merubah kebiasaan mencuci tangan pakai sabun (CTPS) ini, maka dibuatlah 'Panduan Pemicuan Perubahan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun di Sekolah/Madrasah dan Masyarakat'.

Panduan ini diprakasai Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) bersama Kemenkes, Kemendikbud, dan Kementerian Agama.

baca juga: Polisi Perdalam Korelasi Terduga Teroris dengan Ormas Terlarang, Tapi...

"Walaupun sudah genap satu tahun pandemik, namun belum seluruh masyarakat menerapkan praktik ini dengan baik. Melalui sosialisasi panduan pemicuan ini kami berharap praktik cuci tangan pakai sabun akan semakin baik dan berkelanjutan," ujar Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia, Dini Widiastuti.

Panduan ini juga melengkapi rangkaian panduan tentang Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang telah diluncurkan Kementerian Kesehatan pada 2020 lalu.

"Kami berharap dengan adanya panduan ini, perilaku CTPS akan melekat dan menjadi perilaku keseharian yang akhirnya dapat mengurangi angka kasus Covid-19 maupun penyakit lainnya," pungkas Dini.

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri

|0|https://news.klikpositif.com/baca/87067/pandemi-sudah-setahun-ternyata-begini-kebiasaan-cuci-tangan-di-indonesia.html|1|https://klikpositif.com/file/post/berita-Pandemi-Sudah-Setahun-Ternyata-Begini-Kebiasaan-Cuci-Tangan-di-KlikPositif-310321021234.jpeg|2|news.klikpositif.com|E|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *